Kamis, 13 Juli 2017

PWK-ITI Goes To Jakarta Smart City

Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Institut TeknologiIndonesia mengikuti kegiatan ekskursi ke Jakarta Smart City. Kunjungan ini merupakan kali pertamanya bagi mahasiswa PWK-ITI dalam melihat langsung penerapan konsep smart city pada suatu kota. Smart City merupakan sebuah konsep kota cerdas yang dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau lembaga dalam melakukan kegiatannya atau pun mengantisipasi kejadian dengan efisien. Menurut Bapak Oswar Muadzin Mungkasa selaku Deputi Gubernur Bidang Tata Ruangdan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, konsep smart city merupakan keseluruhan sistem menggunakan teknologi untuk mengelola kota,  tidak hanya itu beliau juga mengatakan bahwa smart city tidak hanya berbicara mengenai teknologinya saja melainkan cara dimana manusia dapat berinteraksi dengan media teknologi yang ada untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.










Keunggulan Jakarta Smart city antara lain adalah mampu menghadirkan data yang mencakup kebutuhan masyarakat sehari-hari, dengan kata lain kehadirannya mampu memudahkan masyarakat mengetahui informasi dengan cepat seperti informasi mengenai kemacetan, harga bahan pangan, lokasi kuliner yang ada di Jakarta, data untuk penelitian, informasi rumah sakit terdekat dan jumlah kamar yang tersedia, serta berbagai macam informasi yang bisa diakses secara live karena terkoneksi dengan 10.000 CCTV yang tersebar diseluruh penjuru Kota Jakarta.

Tidak hanya itu Jakarta Smart City juga memiliki kanal pengaduan yaitu konten dimana masyarakat mampu menyampaikan keluhannya ataupun masalah mengenai daerah tempat tinggalnya yang nantinya akan diteruskan kepada lurah setempat. Kemudahan lainnya adalah masyarakat bisa mengaksesnya kapanpun dan dimana saja melalui komputer dan telepon pintarnya.

Sejak diresmikan pada 15 Desember 2014, tercatat saat ini sudah ada 3.000 data yang dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja dan dimana saja. Jakarta Smart city juga bekerja sama dengan pihak swasta untuk mengembangkan programnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar