Kamis, 13 Juli 2017

Kegigihan Menuju Kesuksesan

Kegigihan adalah ketahanan dan keuletan seseorang dalam menghadapi serta mengatasi kesulitan hidup dan kemampuan bangkit dari kegagalan. Adapun beberapa contoh sikap dari nilai kegigihan diantaranya optimis, kerja keras, gigih, tekun, dan pantang menyerah. Pendapat lain juga menjelaskan tentang kegigihan adalah salah satu faktor yang membuat orang sukses. Bila kita memiliki cita-cita dan berjuang keras untuk meraihnya serasa tidak ada rintangan yang mampu menghalangi terwujudnya cita-cita itu. Bahkan dengan mengatasi rintangan kita membuat diri kita lebih kuat dan terampil. Kegigihan dapat diukur dari sikap apa yang diambil ketika mengalami kesulitan dan sejauh mana kekuatan pada dirinya dapat bangkit ketika mengalami kegagalan.


Bercerita mengenai pengalaman pribadi mengenai kegigihan, banyak sekali hal-hal yang terjadi di sekitar kita maupun rutinitas sehari-hari yang sangat memerlukan sekali nilai tersebut. Salah satunya baru-baru ini ketika mata kuliah studio proses perencanaan tepatnya saat saya semester dua. Tujuan saya pasti sama dengan mahasiswa atau mahasiswi lainnya lulus dengan nilai terbaik karena untuk jurusan perencanaan wilayah dan kota, mata kuliah studio sangat penting dan wajib lulus mengingat mata kuliah ini merupakan proses dalam mempersiapkan seorang mahasiswa atau mahasiswi untuk mengenali perencana dalam pengetahuan dasar dan bagaimana sistem perencanaan ketika didunia kerja nanti. Seiring berjalannya mata kuliah ini, di awal terlihat mudah dan lancar serta banyak sekali wawasan serta pengetahuan yang didapat. Saat mulai pertengahan dalam mengurus perizinan survei untuk permintaan data, proses birokrasi sangatlah sulit harus kesana terlebih dahulu kemudian menunggu dahulu beberapa hari dan seperti itu sehingga mendapat rekomendasi dari lokasi studinya. Saat itu perasaan saya sudah mulai khawatir dikarenakan lokasinya yang cukup jauh dalam mengurusnya dan waktu sudah tinggal beberapa bulan lagi. Namun, disinilah nilai kegigihan muncul pada diri saya karena teringat akan tujuan saya dalam mata kuliah studio ini. Sikap kerja keras, pantang menyerah, dan optimis yang saya tunjukkan akhirnya membuahkan hasil sehingga semua proses dapat berjalan lancar hingga akhirnya selesailah produk perencanaan yang saya buat dengan mencapai tujuan yang saya inginkan. Berdasarkan pengalaman tersebut, jelas terlihat bahwa nilai kegigihan sangat berpengaruh besar terhadap diri saya pribadi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Kegigihan merupakan salah satu dari delapan nilai dasar ITI yang berarti kita sebagai mahasiswa dan mahasiswi ITI wajib menanamkan dan mengaplikasikan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari terutama di kampus ITI. Nilai tersebut sangat penting ketika menjalani proses perkuliahan di ITI. Kita dituntut bekerja keras dan pantang menyerah dengan infrastruktur pendukung yang tidak selengkap PTN namun tetap optimis dan tekun agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan serta membuktikan bahwa tidak ada alasan untuk mencapai kesuksesan ataupun keberhasilan yang ada hanya sikap dan perilaku per individu. Bilamana ITI mampu mewujudkan nilai kegigihan ini dan mahasiswa atau mahasiswinya memiliki nilai tersebut dan menanamkan pada dirinya masing-masing maka dapat dibayangkan suasana dan keadaan kampus ini akan semakin ramai lewat karya-karya dan prestasinya yang diakibatkan semangat tiap mahasiswa dan mahasiswi untuk mencapai kesuksesannya dengan cara menciptakan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat. Maka warna dari kampus ITI ini akan terang kembali sesuai harapan dan semangat PII terkhusus Prof. Dr.-Ing B.J. Habibie yaitu sebagai wahana bagi para insinyur untuk membangun peradaban masa depan bangsa Indonesia. Maka dari itu para lulusan ITI wajib memiliki nilai kegigihan itu karena tantangan yang akan dihadapi semakin banyak dan harus mampu melewati dan menjawab tantangan tersebut ketika gelar insinyur sudah disandang oleh alumni-alumni ITI.

Saat ini, sudah banyak sekali para tokoh-tokoh dunia yang berhasil membuat inovasi-inovasi baru yang bermanfaat sehingga mampu mencapai keberhasilan dalam hidupnya. Banyak sekali faktor yang membuat mereka berhasil mencapai tujuannya dan menjadikan mereka orang yang sukses. Dari sekian banyak faktor, nilai kegigihanlah kunci utama yang membuat para tokoh dunia tersebut berhasil.
Tokoh-tokoh dunia yang kita lihat saat ini, tidak semudah apa yang kita bayangkan dalam perjalanan menuju suksesnya. Kesuksesan yang mereka raih bukan hanya keberuntungan semata, tetapi ada nilai kegigihan yang mereka punya dan terapkan dalam setiap proses menuju kesuksesannya. Contoh seorang yang gigih adalah Thomas Alva Edison dalam bereksperimen yang dilakukan secara berulang-ulang. Eksperimen yang dilakukan selalu gagal namun dia pantang menyerah hingga akhirnya berhasil menemukan energi listrik. Melalui cerita dan sejarah dari ilmuwan tersebut jelas nilai kegigihan yang dimiliki tergolong sangat tinggi karena meskipun kegagalan yang dialami lebih dari 1000 kali namun dia tetap bangkit dan mampu mencapai kesuksesannya lewat nilai kegigihan yang dimilikinya. Bilamana nilai kegigihan yang dia miliki rendah seperti mudah menyerah dan pesimis percobaannya tidak akan pernah berhasil, hingga sekarang tidak akan ada yang namanya lampu pijar listrik untuk menerangi setiap aktivitas yang dilakukan setiap manusia. Intinya setiap kita memiliki cita-cita atau impian, teruslah kerja keras dan pantang menyerah untuk mencapainya.

Sesungguhnya memang tidak mudah jalan menuju sukses namun tidak sulit juga ketika kita mampu memanfaatkan nilai kegigihan untuk mencapai tujuan kita tersebut. Banyak hambatan dan tantangan ketika proses menuju kesuksesan tersebut. Ketika kegigihan pun sudah dimiliki tetap masih akan ada cobaan sehingga kita terbiasa menghadapi masalah apapun atau mencapai tujuan tertentu. Harapan ITI pada nilai kegigihan saat ini agar berkembang secara konsisten yang mengedepankan sikap dan perilaku yang terbaik. Proses menuju tercapainya harapan tersebut memang diawali dengan kebiasaan baik kampus maupun mahasiswa dan mahasiswinya dalam hal keluar serta mampu menyelesaikan masalah ketika masa sulit. Adapun ketika beberapa solusi masih gagal harus tekun dan pantang menyerah memperbaiki kesalahan yang terjadi serta optimis bahwa tujuan tersebut akan tercapai bagaimanapun caranya. Maka dari itu, nilai kegigihan harus tertanam, terlatih, dan terbiasa menghadapinya agar tujuan yang diinginkan ITI dapat tercapai karena nilai kegigihan itu disertai sikap-sikap yang optimis diawal, kerja keras dan tekun disaat prosesnya, dan pantang menyerah untuk tahap akhir sehingga sukses itu dapat diraih.

Pada intinya sukses itu tidak mudah dan juga tidak sulit. Tergantung dari cara masing-masing orang menyikapinya. Perlu banyak sikap yang wajib dimiliki seperti pantang menyerah, kerja keras, tekun, dan optimis. Semua sikap itu ada pada nilai kegigihan yang merupakan kunci utama menuju kesuksesan yang sudah jelas contohnya ada pada tokoh-tokoh dunia yang sukses pada masanya.


Setiap orang wajib memiliki nilai kegigihan bilamana mereka mau mencapai kesuksesannya. Nilai kegigihan dapat terlihat ketika seseorang mampu atau tidaknya bangkit dari kegagalan. Nilai kegigihan dapat kita terapkan dan dijadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak faktor yang mewajibkan kita memiliki nilai tersebut, dampaknya yaitu kita mampu bangkit dan menemukan jalan keluar dari masalah sesulit apapun sedangkan bilamana kita tidak memiliki nilai tersebut maka kita tidak akan mampu mencapai kesuksesan dan akan terus gagal serta mudah menyerah dalam menjalani hidup. Banyak cara dan proses untuk memiliki nilai kegigihan tersebut yaitu kemantapan tujuan merupakan langkah pertama untuk membuat kita menjadi gigih, kemudian hasrat yang membara sehingga tidak mengenal kekalahan, dan kemandirian akan mendorong kita untuk mengikuti sebuah rencana dengan kegigihan serta kemantapan rencana-rencana dan kebiasaan dapat membangun sifat gigih dalam diri kita. Maka dari itu, nilai kegigihan memiliki peran dan pengaruh sangat penting terhadap pribadi masing-masing, dimulai dari diri sendiri melalui kebiasaannya dan wajib dimiliki setiap orang bilamana ingin meraih kesuksesan serta dapat didefinisikan nilai kegigihan ialah kemampuan setiap orang mampu keluar dan bangkit dari kegagalan ataupun kesulitan dengan sifat pantang menyerah dan optimis mampu meraih cita-citanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar