Minggu, 16 Juni 2019

Eksotisme Pantai Klayar Andalan Pariwisata Kabupaten Pacitan

Pesona Wisata Pantai Klayar, Foto: Yogan Daru Prabowo

Pulau Jawa bagian selatan tak dipungkiri menyimpan banyak keindahan alam yang dapat dinikmati banyak orang, salah satunya yaitu wisata bahari. Kabupaten Pacitan adalah salah satu daerah yang berada di selatan Pulau Jawa tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Daerah yang dijuluki kota 1001 goa ini, juga memiliki wisata lain selain goa yang tak kalah indah yaitu pantainya. Salah satu wisata pantai yang menjadi andalan pariwisata di Kabupaten Pacitan bernama Pantai Klayar.

Pantai yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo ini, masih menjadi andalan Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam mendatangkan wisatawan. Tercatat selama tahun 2018, jumlah kunjungan wisatawan ke Pantai Klayar sebanyak 1,7 juta wisatawan. Hal tersebut diutarakan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga, Endang Surjari, saat berbincang Suara Pacitan FM, dikutip dari Pacitanku.com. Tingginya jumlah kunjungan disinyalir sebagai dampak pembangunan fasilitas yang terus bertambah dan juga peningkatan aksesibilitas yang terus digenjot oleh pemerintah.

Wisata yang berjarak sekitar 22 km dari Alun-Alun Kabupaten Pacitan ini memiliki beragam keunikan yang ditawarkan. Keunikan dari Pantai Klayar adalah adanya batu karang besar yang membelah bibir pantai, sehingga jika ombak sedang pasang, sela-sela batu karang akan menciptakan air mancur yang indah. Selain itu, Pantai Klayar memiliki saluran air tawar yang berasal dari sungai sisi pantai dan langsung mengalir ke laut. Namun sangat disayangkan bila berkunjung ke pantai ini, tidak diperbolehkan untuk berenang dikarenakan ombaknya yang cukup besar khas pantai selatan dan juga permukaan bibir pantai yang tidak rata alias berkarang. Jadi saat berkunjung ke pantai ini, kita hanya dapat menikmati pesona kecantikan Pantai Klayar dari pinggir pantai dan sesekali bisa ber-selfie dengan latar deburan ombak besar khas pantai selatan.yang menabrak batu karang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar