Minggu, 08 Mei 2016

Institut Teknologi Indonesia (ITI)

Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas dan memperkenalkan tempat di mana saya menuntut ilmu, mencari jatidiri serta kedewasaan, berorganisasi, dan masih banyak hal lainnya. Perguruan tinggi itu ialah Institut Teknologi Indonesia (ITI) yang mempunyai sebutan "Kampus Jingga". Inilah lengkapnya mengenai kampus tersebut:
Jl. Raya Puspiptek
Serpong, Tangerang
Banten 15320
Telepon/Fax: (62) 021 7561102



1) Riwayat Singkat Pendirian ITI :
Institut Teknologi Indonesia (ITI) didirikan pada tahun 1983 oleh Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI) dibawah pimpinan Prof.Dr. Ing. B.J. Habibie selaku Ketua Dewan Pembina YPTI dan Menteri Ristek pada waktu itu, atas dasar gagasan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) pada Kongres PII di Palembang tahun 1983 untuk meningkatkan jumlah tenaga insinyur di Indonesia.
Dasar pendirian ITI beritik tolak pada pemikiran bahwa, "Teknologi adalah milik semua Bangsa" dan bahwa Sumber Daya Manusia, tenaga ahli yang profesional adalah mutlak diperlukan dan mendesak untuk mengejar ketinggalan dari bangsa lain yang telah maju.
Menyadari akan kebutuhan Sarjana Teknik yang diperlukan dalam Pembangunan Nasional serta keterbatasan Lembaga Perguruan Tinggi dalam menghasilkan Sarjana Teknik pada waktu itu, YPTI didukung penuh oleh PII untuk mendirikan ITI untuk membantu mengisi kekurangan tenaga Sarjana Teknik tersebut.
Institut Teknologi Indonesia ditetapkan pendiriannya melalui Surat Keputusan Yayasan No. 01/Kept-YPTI/84 tanggal 2 Juni 1984 dan telah melalui kegiatan perkuliahannya tanggal 1 Oktober 1984. Tanggal 1 Oktober dijadikan sebagai hari jadi ITI.
Dalam perkembangannya dan menyikapi perubahan serta keinginan untuk tetap eksis, maka pada tahun 2006 dilakukan penguatan pengelolaan melalui pembaharuan Struktur Organisasi Yayasan sesuai Akte Notaris yang ditanda tangani Faisal Abu Yusuf SH Nomor 11 tanggal 14 Desember 2006. Pada saat ini YPTI dipimpin oleh Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie sebagai Ketua Pembina dan Ir. Aburizal Bakrie sebagai Ketua Harian Pembina.



2) Visi ITI :
ITI sebagai perguruan tinggi enterprenuer berbasis teknologi (Technology Based Entreprenuer University) yang bermartabat, terkemuka, unggul, kreatif, dan mampu mengembangkan kepeloporan dalam bidangnya, menjadi solusi atas berbagai persoalan bangsa dan memperoleh pengakuan secara nasonal dan internasional.

3) Misi ITI :
1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana dan tenaga ahli di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang:
    a. Berakhlak tinggi, berkarakter luhur, serta berjiwa entrepreneur yang tangguh;
    b. Memiliki kemampuan intelektualitas, penguasaan keilmuan dan keahlian yang tinggi, serta            berpotensi untuk berkembang;
    c. Memiliki kreativitas dan daya inovasi yang tinggi;
    d. Memiliki kematangan emosional yang dicirikan oleh kepercayaan diri yang baik, kemandirian,      kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama, menghargai perbedaan pendapat, serta mempunyai    kepekaan sosial dan dapat dipercaya;
    e. Berwawasan global, peka terhadap kondisi lokal, serta mempunyai kemauan membangun negara    dan menjaga keutuhan bangsa.
    f. Memiliki jasmani dan rohani sehat.
2. Melakukan penelitian yang bermutu tinggi, terutama penelitian yang bersifat terapan guna memberikan nilai tambah secara nyata terhadap kualitas kehidupan bangsa dan umat manusia.
3.    Melaksanakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan taraf kesejahteraan dan kemartabatan masyarakat, bangsa, dan negara melalui upaya kerjasama dan kelembagaan dan/atau perorangan dengan berbagai pihak berdasarkan azaz kesetaraan dan manfaat bersama.
4.    Melakukan upaya pembentukan nilai secara terus menerus melalui pembinaan kelembagaan dan tata kerja yang berorientasi pada pengembangan potensi dan penguatan integritas insani.
5.    Mengembangkan bisnis berbasis intelektualitas secara profesional dengan berpegang teguh pada etika akademik dalam rangka menjamin keberlangsungan peningkatan kualitas kehidupan melalui peningkatan taraf ekonomi dan kesejahteraan secara berkelanjutan.

4. Program Studi ITI :
    1. Teknik Arsitektur (S1)    2. Teknik Elektro (S1)    3. Teknik Industri (S1)    4. Teknik Industri Pertanian (S1)    5. Teknik Informatika (S1)    6. Teknik Kimia (S1)    7. Teknik Mesin (S1)    8. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)    9. Teknik Sipil (S1)    10. Manajemen (S1)    11. Mekatronika (D3)    12. Otomotif (D3)

5) Fasilitas :
A.  Untuk menunjang kegiatan akdemik di kampus didukung oleh fasilitas bersama yang memadai berupa:
     1. Ruang Multimedia di setiap Program Studi
     2. Perpustakaan Pusat dan Perpustakaan Program Studi
     3. Laboratorium Bahasa Inggris
     4. Laboratorum Komputer
     5. Laboratorium Fisika
     6. Laboratorium Kimia
     7. Laboratorium-Laboratorium di Program Studi
     8. Studio-Studio Program Studi
    B.  Untuk menunjang kegiatan akademik disediakan saran penunjang berupa:
        1. Free Hotspot di koridor ruang kuliah, gedung administrasi prodi, di sekitar Perpustakaan Pusat      dan Gedung Achmad Bakrie
        2. Sport Area (Lapangan Volley, Basket, dan Futsal)
        3. ATM BRI
        4. Masjid Al-Bayan
        5. Kantin Mahasiswa
      Sebenarnya ITI didirikan pada saat itu dikarenakan untuk menumbuhkan calon-calon ilmuwan yang akan mengembangkan proyek-proyek di dalam riset teknologi. Kawasan Serpong ini sudah sangat strategis dan baik karena berada di lingkungan yang sejuk, nyaman, dan jauh dari keramaian. Di kawasan Puspiptek ini pula 3 bangunan sekaligus yang saling berkesinambungan telah terbangun yaitu Puspiptek sendiri sebagai wadah untuk melakukan riset teknologi, ITI sendiri untuk mencari bibit-bibit muda calon ilmuwan, dan Taman Tekno untuk memamerkan hasil riset teknologi yang sudah dilakukan. Inilah yang menyebabkan kawasan ini terbilang sudah sangat baik dan tepat sebagai Education Center. Semoga saja ITI dapat menghasilkan bibit ataupun calon ilmuwan bangsa Indonesia yang akan memajukan serta mengembangkan teknologi untuk masa depan.


      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar